Sosialisasi Digital Branding Pariwisata, FISIP UNY Berkolaborasi dengan Naresuan University dalam PKM Internasional

Phitsanulok, Thailand - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Negeri Yogyakarta (FISIP UNY)  melalui skema Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Institusional Internasional melaksanakan kegiatan bertema “Sosialisasi Digital Branding dalam Promosi Pariwisata”. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12-19 Juli 2025 bekerja sama dengan mitra internasional, Naresuan University International College, Thailand.


Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim PKM Institusional Internasional yang dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Riset, Kerja Sama, Sistem Informasi, dan Usaha, Dr. Awanis Akalili, M.A. Melalui program ini FISIP UNY menggandeng Naresuan University International College dengan tujuan berbagi wawasan terkait praktik dan strategi dalam upaya promosi pariwisata melalui pendekatan digital branding. Selama program berlangsung, dosen dan mahasiswa dari Departemen International Hospitality and Tourism Management Naresuan University turut terlibat aktif dalam melaksanakan program-program yang telah direncanakan.


Kegiatan ini berangkat dari latar belakang kondisi pariwisata di Indonesia yang masih belum merata. Hasil studi literasi pra-pengabdian menunjukkan bahwa mayoritas promosi dan kunjungan wisata di Indonesia masih terkonsentrasi di Pulau Bali. Hal ini berdampak pada kurang diperhatikannya potensi-potensi destinasi wisata lain di Indonesia yang sebenarnya memiliki potensi yang tidak kalah menarik. Padahal kekayaan sumber daya alam dan budaya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke menyimpan banyak peluang besar untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata unggulan yang dapat menawarkan keunikan mereka masing-masing, jika dapat diolah menggunakan pendekatan promosi yang lebih inovatif, inklusif, dan efektif.


Melalui kegiatan ini, FISIP UNY bekerja sama dengan Naresuan University International College saling bertukar pengalaman mengenai strategi promosi destinasi wisata dari masing-masing negara. Salah satu topik yang menjadi fokus diskusi adalah wisata kuliner. Dalam kaitannya dengan tema tersebut, tim FISIP UNY bersama mitra dari Naresuan University turut mengunjungi Pasar Festival Kuliner di Phitsanulok. Melalui kunjungan tersebut, tim FISIP UNY melakukan pengamatan dan diskusi sebagai bahan refleksi untuk mencari solusi bagaimana potensi kuliner lokal dapat dikemas secara menarik dan populer sebagai bagian dari daya tarik pariwisata.


Selain sebagai ajang “sharing knowledge”, kegiatan ini juga menjadi momentum penting dalam mempererat kerja sama internasional antar institusi. Harapannya, kegiatan PKM Internasional ini dapat memberikan kontribusi dalam penguatan kapasitas institusi, peningkatan kompetensi global, serta mendukung internasionalisasi pendidikan tinggi yang sejalan dengan program Diktisaintek Berdampak.

(Akwan.K)